Bagaimana Cara Mengatasi Demam?

Bagaimana Cara Mengatasi Demam? Jika Anda atau seseorang yang Anda rawat mengalami demam, ikuti langkah-langkah ini untuk menghentikan demam, Artikel ini akan membahasnya.


Cara Mengatasi Demam!

Cara Mengatasi Demam Coba lakukan hal berikut :

  • Ukur suhu tubuh Anda dan nilai gejalanya. Jika suhu Anda mencapai 100,4 ° F (38 ° C) atau lebih tinggi, Anda mengalami demam.
  • Tetap di tempat tidur dan istirahat.
  • Tetap terhidrasi . Minum air putih, es teh, atau jus yang sangat encer untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat. Tetapi jika menjaga cairan tetap sulit, isap dengan es.
  • Minum obat yang dijual bebas seperti acetaminophen dan ibuprofen untuk mengurangi demam. Catat dosis yang tepat, dan jangan gunakan bersamaan dengan obat penurun demam lainnya. Anda tidak boleh memberikan aspirin kepada bayi atau anak Anda tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Bayi di bawah usia 6 bulan tidak boleh diberikan ibuprofen.
  • Tetap tenang. Lepaskan lapisan pakaian dan selimut ekstra, kecuali Anda kedinginan.
  • Mandilah dengan air hangat atau gunakan kompres dingin untuk membuat Anda lebih nyaman. Mandi air dingin, mandi es batu, atau mandi atau gosok alkohol bisa berbahaya dan harus dihindari.

Tapi apa pun angka yang tertulis di termometer, jika Anda memiliki masalah konsultasikan dengan dokter Anda. Menjalankan demam adalah respons tubuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Demam juga bisa terjadi akibat terbakar sinar matahari atau karena mendapat imunisasi . 

Cara menilai situasi

Orang dewasa yang sehat dengan sedikit demam mungkin merasa seperti dipukul dengan truk Mack, tetapi bayi dengan demam tinggi terkadang merasa cukup nyaman.

Kebalikan dari kedua skenario juga dapat terjadi. Demam tidak satu ukuran untuk semua, dan gejalanya juga tidak. Tingkat kenyamanan dan gejala Anda secara keseluruhan dapat membantu Anda memutuskan bagaimana cara mengobati demam.

Bagaimana Cara Mengatasi Demam?

Jika Anda demam, Anda mungkin mengalami gejala-gejala berikut:

  • Merasa lemah atau pusing
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Berkeringat
  • Panas dingin
  • Mual
  • Muntah
  • Ruam

Jika ruam menyertai demam Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Penting bahwa dokter Anda menentukan akar penyebab ruam.

Gejala lain, seperti mual atau muntah, dapat sembuh lebih cepat dengan perhatian medis. Jika demam Anda lebih dari 103 ° F (39,4 ° C), Anda harus segera mencari perhatian medis. Ini terutama benar jika Anda mengalami kebingungan , halusinasi , atau kejang-kejang.

Pengambilan suhu 

Jika Anda menggunakan termometer aksila (ketiak) , pembacaan suhu akan sekitar 1 ° F atau 1 ° C lebih rendah, sehingga apa pun di atas 99,4 ° F (37 ° C) akan menimbulkan demam. Banyak dokter anak merekomendasikan penggunaan termometer dubur untuk bayi dan bayi.

Diskusikan dengan dokter Anda jenis termometer yang digunakan. Anda juga harus memastikan untuk memberi tahu mereka jenis termometer apa yang Anda gunakan untuk mencatat suhu anak Anda.

Kapan harus ke dokter

Bagaimana dan kapan Anda harus mengobati demam umumnya ditentukan oleh usia Anda. Jika tidak diobati, demam dapat menyebabkan komplikasi serius pada anak kecil, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bayi dan balita

Bayi yang berusia hingga 3 bulan harus diperiksa oleh dokter jika mengalami demam 100,4 ° F (38 ° C) atau lebih. Mereka harus tetap pergi ke dokter walaupun tidak ada gejala lain. Bayi yang berusia 3 hingga 6 bulan mungkin tidak memerlukan perawatan untuk demam hingga 102 ° F (38,9 ° C).

Jika bayi Anda memiliki gejala lain, atau demamnya lebih dari 38 ° C, Anda harus menghubungi dokter. Beri tahu dokter Anda apakah demamnya berlangsung lebih dari satu hari, memburuk, atau tidak turun dengan obat-obatan.

Bagaimana Cara Mengatasi Demam?

Anak kecil dan remaja

Anak-anak usia 2 hingga 17 tahun umumnya tidak memerlukan obat untuk mengurangi demam di bawah 102 ° F (38,9 ° C). Mereka mungkin mendapat manfaat dari pengobatan jika mereka mengalami gejala seperti lekas marah atau sakit otot.

Jika demam mereka naik di atas 102 ° F (38,9 ° C), obat dapat digunakan untuk menurunkannya. Jika anak Anda sangat tidak nyaman, atau jika demamnya berlangsung lebih dari tiga hari, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Orang dewasa

Dewasa 18 dan lebih biasanya tidak memerlukan obat untuk demam di bawah 102 ° F (38,9 ° C). Demam di atas angka itu dapat dikurangi dengan pengobatan. Jika demam Anda mencapai di atas 103 ° F (39,4 ° C) atau tidak menanggapi pengobatan, panggilan ke dokter diperlukan. Orang dewasa dengan demam dan gejala lain, seperti leher kaku, sakit parah di bagian tubuh mana pun, atau sesak napas, harus segera mencari perhatian medis.

Baca Juga : http://www.betasehat.com/2018/08/cara-mengatasi-telat-datang-bulan-selama-2-bulan/

Pedoman lainnya

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu Cara Mengatasi Demam Anda harus mencari perawatan dokter. Demam sering merupakan tanda infeksi. Terkadang, infeksi ini bergerak cepat atau sulit diobati. Jadi, jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu, segera dapatkan bantuan medis untuk demam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *