Apa Demam Berdarah ? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Penyakit Demam berdarah adalah penyakit tropis yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk. Virus ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, ruam, dan rasa sakit di seluruh tubuh. Sebagian besar kasus demam berdarah ringan dan hilang dengan sendirinya setelah sekitar satu minggu.


Penyakit Demam berdarah

Penyakit Demam berdarah berdarah biasa menyerang pada daerah tropis. Pada Artikel ini kami menyarankan Mengenakan obat nyamuk, menutupi area tidur dengan kelambu, dan menghindari aktivitas di luar rumah saat senja dan subuh (ketika nyamuk paling aktif) dapat membantu menurunkan kemungkinan infeksi.

Apa Penyebab Demam Berdarah?

Demam berdarah disebabkan oleh empat virus serupa yang disebarkan oleh nyamuk dari genus Aedes , yang umum di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Ketika nyamuk Aedes menggigit seseorang yang telah terinfeksi virus dengue, nyamuk tersebut dapat menjadi pembawa virus. Jika nyamuk ini menggigit orang lain, orang itu dapat terinfeksi demam berdarah. Virus tidak dapat menyebar langsung dari orang ke orang.

Dalam kasus yang jarang terjadi, demam berdarah dapat menyebabkan bentuk penyakit yang lebih serius yang disebut demam berdarah dengue (DBD). DBD dapat mengancam jiwa dan perlu segera diobati.

Apa Tanda & Gejala Demam Berdarah?

Gejala demam berdarah umumnya ringan pada anak-anak muda dan mereka yang memiliki penyakit ini untuk pertama kalinya. Anak-anak yang lebih tua, orang dewasa, dan mereka yang pernah mengalami infeksi sebelumnya mungkin memiliki gejala sedang hingga berat.

Apa arti dari hasil tes?

Hasil positif berarti Anda mungkin telah terinfeksi virus dengue. Hasil negatif dapat berarti Anda tidak terinfeksi atau Anda dites terlalu cepat agar virus tidak muncul dalam pengujian. Jika Anda merasa terkena virus dengue dan / atau memiliki gejala infeksi, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang apakah Anda perlu diuji ulang.

Jika hasilnya positif, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara terbaik mengobati infeksi demam berdarah. Tidak ada obat untuk demam berdarah, tetapi penyedia Anda mungkin akan merekomendasikan Anda untuk banyak istirahat dan minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Anda mungkin juga disarankan untuk menggunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas dengan acetaminophen , untuk membantu meringankan sakit tubuh dan mengurangi demam. Aspirin dan ibuprofen tidak dianjurkan, karena dapat memperburuk perdarahan.

Jika hasil Anda positif dan Anda memiliki gejala demam berdarah dengue, Anda mungkin perlu pergi ke rumah sakit untuk perawatan. Perawatan mungkin termasuk mendapatkan cairan melalui jalur intravena (IV), transfusi darah jika Anda kehilangan banyak darah, dan pemantauan tekanan darah secara cermat.

Apa yang terjadi selama tes demam berdarah?

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan bertanya tentang gejala Anda dan untuk perincian tentang perjalanan terakhir Anda. Jika dicurigai infeksi, Anda akan mendapatkan tes darah untuk memeriksa virus dengue.

Selama tes darah, seorang profesional kesehatan akan mengambil sampel darah dari vena di lengan Anda, menggunakan jarum kecil. Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung atau botol reaksi. Anda mungkin merasa sedikit tersengat ketika jarum masuk atau keluar. Ini biasanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Tanda dan gejala umum demam berdarah meliputi:

  • demam tinggi , mungkin setinggi 105 ° F (40 ° C)
  • rasa sakit di belakang mata dan di sendi, otot dan / atau tulang
  • sakit kepala parah
  • ruam sebagian besar tubuh
  • perdarahan ringan dari hidung atau gusi
  • mudah memar

Demam berdarah biasa disebut “demam tulang”, yang mungkin memberi Anda gambaran tentang nyeri tulang dan otot yang parah yang kadang-kadang dapat menyebabkannya. Demam sebenarnya tidak mematahkan tulang, tetapi terkadang terasa seperti itu.

Berapa Lama Demam Berdarah bertahan?

Gejala dapat mulai dari 4 hari hingga 2 minggu setelah digigit nyamuk yang terinfeksi, dan biasanya berlangsung selama 2 hingga 7 hari. Setelah demam mereda, gejala lain dapat menjadi lebih buruk dan dapat menyebabkan perdarahan yang lebih parah.

Masalah gastrointestinal seperti mual, muntah, atau sakit perut yang parah, dan masalah pernapasan seperti kesulitan bernapas. Dehidrasi , pendarahan hebat, dan penurunan tekanan darah (syok) yang cepat bisa terjadi jika DBD tidak diobati. Gejala-gejala ini mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan medis segera.

Seseorang yang menderita penyakit menjadi kebal terhadap jenis virus tertentu (tetapi masih dapat terinfeksi oleh salah satu dari tiga jenis lainnya).

Bagaimana Demam Dengue Didiagnosis?

Jika Anda berpikir anak Anda mungkin menderita demam berdarah, segera hubungi dokter. Anda juga harus menghubungi dokter jika anak Anda baru-baru ini mengunjungi daerah yang menderita demam berdarah dan demam atau sakit kepala parah.

Untuk membuat diagnosis, dokter akan memeriksa anak Anda dan mengevaluasi gejalanya. Dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan anak Anda dan perjalanan terakhir, dan mengirim sampel darah untuk pengujian.

Bagaimana Demam Berdarah Diobati?

Tidak ada pengobatan khusus untuk demam berdarah. Kasing ringan dikelola dengan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan banyak istirahat. Penghilang rasa sakit dengan acetaminophen dapat meringankan sakit kepala dan rasa sakit yang terkait dengan demam berdarah.

Penghilang rasa sakit dengan aspirin atau ibuprofen harus dihindari, karena mereka dapat membuat perdarahan lebih mungkin. Sebagian besar kasus demam berdarah hilang dalam satu atau dua minggu dan tidak akan menyebabkan masalah yang berkepanjangan.

Jika seseorang memiliki gejala penyakit yang parah, atau jika gejalanya memburuk pada hari pertama atau kedua setelah demam hilang, segera cari perawatan medis. Ini bisa menjadi indikasi DBD, yang merupakan keadaan darurat medis.

Untuk mengobati kasus demam berdarah yang parah di rumah sakit, dokter akan memberikan cairan intravena (IV) dan elektrolit (garam) untuk menggantikan yang hilang melalui muntah atau diare . Ketika mulai dini, ini biasanya cukup untuk mengobati penyakit secara efektif. Pada kasus yang lebih lanjut, dokter mungkin harus melakukan transfusi darah .

Dalam semua kasus infeksi dengue, upaya harus dilakukan untuk menjaga orang yang terinfeksi agar tidak digigit nyamuk. Ini akan membantu mencegah penyakit agar tidak menyebar ke orang lain.

Bisakah Demam Berdarah Dicegah?

Tidak ada vaksin untuk mencegah demam berdarah. Perlindungan terbaik adalah mencegah gigitan nyamuk yang terinfeksi. Pastikan untuk:

  • Gunakan layar pada pintu dan jendela, dan segera perbaiki layar yang rusak atau rusak. Tutup pintu dan jendela yang tidak disaring.
  • Mintalah anak-anak mengenakan kemeja lengan panjang, celana panjang, sepatu, dan kaus kaki ketika mereka pergi ke luar, dan menggunakan kelambu di tempat tidur mereka di malam hari.
  • Gunakan obat nyamuk seperti yang diarahkan pada anak-anak. Pilih satu dengan DEET atau minyak lemon eucalyptus.
  • Batasi jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak di luar siang hari, terutama di jam-jam menjelang fajar dan senja, ketika nyamuk paling aktif.
  • Jangan beri nyamuk tempat berkembang biak. Mereka bertelur di dalam air, jadi singkirkan air yang tergenang dalam wadah seperti dan ban bekas, dan pastikan untuk mengganti air di tempat sangkar burung, mangkuk anjing, dan vas bunga setidaknya sekali seminggu.

Baca Juga : http://www.betasehat.com/2019/05/apa-penyebab-batuk-dan-bagaimana-mengatasinya/

Dengan mengambil tindakan pencegahan Penyakit Demam berdarah ini dan menjauhkan anak-anak Anda dari daerah yang memiliki epidemi demam berdarah, risiko tertular demam berdarah kecil bagi pelancong internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *